Kekayaan Surga yang Tersimpan

Bismillaah…

Dari Abu Musa r.a. dia berkata, “Ketika kami sedang bersama Rasulullah SAW. dalam suatu perjalanan, orang-orang mengeraskan suara dalam membaca takbir lalu bersabdalah beliau, “Wahai manusia, rendahkanlah suara kamu sekalian! Karena kamu sesungguhnya tidak sedang memohon pada yang tuli maupun yang gaib bahkan kamu sedang memohon kepada Tuhan Yang Maha Mendengar lagi Maha Dekat Yang selalu bersama kamu. Aku yang berada di belakang beliau mengucapkan: “Laa haula wa laa quwwata illa billah”. (Tidak ada kekuatan kecuali berkat bantuan Allah). Rasulullah SAW. berkata, Wahai Abdullah bin Qais! Maukah kamu aku tunjukkan kepada salah satu kekayaan surga yang tersimpan? Aku menjawab: Tentu, wahai Rasulullah. Beliau bersabda, “Yaitu ucapan, “Laa haula wa laa quwwata illa billah.” (HR. Muslim, 4873)

Adalah sebuah perumpaan yang mengisahkan dua orang laki-laki, seorang mukmin dan seorang kafir yang sama-sama memiliki kebun anggur yang dikelilingi pohon-pohon kurma dan di antara keduanya dibuatkan ladang oleh-Nya. Kebun itu menghasilkan buahnya yang tidak berkurang sedikit pun. Juga, aliran sungai yang menghiasi celah-celah kebun itu.

Maka kekayaan yang besar bagi mereka. Dia (seorang kafir) berkata kepada kawannya (seorang mukmin), “Hartaku lebih banyak daripada hartamu dan pengikutku lebih kuat.”

Lanjutnya ketika memasuki kebun dengan sikap angkuhnya sambil berkata, “Aku kira kebun ini tidak akan binasa selama-lamanya, dan aku kira hari kiamat itu tidak akan datang, dan sekiranya aku dikembalikan kepada Tuhanku, pasti aku akan mendapat tempat kembali yang lebih baik dari pada ini.”

Kawannya yang beriman berkata kepadanya, “Apakah engkau ingkar kepada (Tuhan) yang menciptakan engkau dari tanah, kemudian dari setetes air mani, lalu Dia menjadikan engkau seorang laki-laki yang sempurna? Tetapi aku percaya bahwa Dialah Allah, Tuhanku, dan aku tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun.

Lalu, dilanjutkannya, “Dan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan “Masya Allah, la quwwata illa billah” (Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud), tidak ada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah, sekalipun engkau anggap harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu.

Maka mudah-mudahan Tuhanku, akan memberikan kepadaku (kebun) yang lebih baik dari kebunmu (ini); dan Dia mengirimkan petir dari langit ke kebunmu, sehingga (kebun itu) menjadi tanah yang licin, atau airnya menjadi surut ke dalam tanah, maka engkau tidak akan dapat menemukannya lagi.”

Lalu harta kekayaannya (seorang kafir) pun dibinasakan, dibolak-balikkan kedua telapak tangannya (tanda menyesal) terhadap apa yang telah dia belajakan untuk itu, sedang pohon anggur roboh bersama penyangganya. Kemudian dia berkata, “Betapa sekiranya dahulu aku tidak menyekutukan Tuhanku dengan sesuatu pun.”

Sungguh, tidak ada lagi baginya segolongan pun yang dapat menolongnya selain Allah; dan dia pun tidak akan dapat membela dirinya.

Pertolongan itu hanya dari Allah yang Mahabenar. Dialah pemberi pahala terbaik dan pemberi balasan terbaik pula.

(Disarikan dari Q.S. Al Kahfi: 32-44)

Laa haula wa laa quwwata illa billah.

Sebuah kalimat penyejuk jiwa. Siapa yang mampu mentadabburinya, janjinya adalah kekayaan surga. Sungguh, tidak ada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah azza wa jalla. Dan pertolongan itu sungguh dekat. Jika kita meminta, Allah akan mengabulkannya. Kemudian bagaimana kita bisa menjaga pertolongan itu dengan selalu mensyukurinya. Jika tidak, pertolongan itu akan mudah dibalik oleh Allah semudah membalikkan telapak tangan. Wallahu a’lam.

Mari kita selalu bersyukur dengan segala nikmat yang telah diberikan kepada kita. Alhamdulillah.

Laa haula wa laa quwwata illa billah.

Anang Wahyudi,  29 Maret 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s